Scanning Pada Thyroid

Scanning Pada Thyroid


Definisi


Scanning pada thyroid digunakan untuk memeriksa kelenjar thyroid setelah seseorang mendapatkan sejumlah kecil zat radionuklir yang mengandung yodium atau teknetium. Dalam waktu singkat, zat radionuklir akan mengemisikan radiasi. Jumlah zat radioaktif dalam kelenjar thyroid akan dideteksi dengan kamera khusus (yang disebut kamera gamma).

Scanning kelenjar tiroid dapat dilakukan jika ditemukan adanya benjolan di daerah thyroid, pembesaran kelenjar thyroid atau suatu gondok asimetrikal.

Pemeriksaan tersebut dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan hormon thyroid.

Mengapa pemeriksaan Scanning thyroid dilakukan?
Scanning kelenjar thyroid dapat dilakuakn dengan alasan sebagai berikut:

  1. Untuk memeriksa ukuran, struktur dan posisi kelenjar thyroid.
  2. Untuk mengevaluasi fungsi thyroid bersama dengan tes lainnya.

Apa yang harus Anda ketahui sebelum tes Scanning thyroid?

  1. Anda akan mempelajari tes Scanning pada thyroid, termasuk siapa yang akan menjalankan, dan dimana. Tes Scanning thyroid berlangsung sekitar 30 menit, tetapi Anda telah diminta untuk menelan zat radionuklir 20-30 menit sebelumnya (jika digunakan teknetium) atau 24 jam sebelumnya (jika digunakan yodium). Sebelumnya Anda akan diminta untuk berpuasa sejak malam hari sebelum tes dilakukan jika digunakan yodium, jika digunkan teknetium hal tersebut tidak perlu dilakukan.
  2. Perawat akan menanyakan pola makan dan pengobatan yang Anda gunakan. Pengobatan thyroid dan sediaan yodium (larutan lugol, beberapa multivitamin dan sirop obat batuk) akan dihentikan selama 2-3 minggu sebelum tes Scanning thyroid. Obat pengencer dahak, steroid dan antihistamin akan dihentikan 1 minggu sebeum tes Scanning thyroid.
  3. Jangan menggunakan garam beryodium 1 minggu sebelum tes Scanning thyroid, dan jangan makan ikan laut saat hendak permeriksaan.
  4. Sebelum tes Scanning pada thyroid dilaksanakan, tanggalkan semua perhiasan, gigi palsu atau benda-benda lain yang dapat mempengaruhi proses scanning

Apa yang terjadi selama tes Scanning pada thyroid?

  1. Anda berbaring terlentang dengan leher diregangkan.
  2. Dokter atau teknisi menempatkan kamera gamma di atas leher Anda.
  3. Kamera akan memproyeksikan citra kelenjar pada suatu monitor dan merekamnya pada film sinar-X. Dokter akan mengambil 3 citra dari depan, belakang, sisi kanan dan kiri.

Gamma Kamera

Sumber : http://www.ccsb.org

Apa yang terjadi setelah tes Scanning pada thyroid?
Anda dapat kembali menggunakan obat-obat yang dihentikan selama tes, dan Anda dapat kembali pada pola makan sehari-hari. 

Apakah tes Scanning pada thyroid berisiko?
Tes Scanning pada thyroid tidak diberikan selama masa kehamilan dan menyusui karena zat radioaktif dapat mengganggu perkembangan janin dan bayi. 

Apa yang dimaksud dengan hasil yang normal?
Hasil scanning yang normal memperlihatkan kelenjar thyroid dengan panjang sekitar 2 inci (5 cm) dan lebar 1 inci (2,5 cm). Kelenjar biasanya mempunyai 2 bagian yang disebut lobus dan berbentuk kupu-kupu. Pada orang-orang tertentu, terdapat lobus ketiga (keadaan ini normal). 

Apa yang dimaksud dengan hasil yang abnormal?
Hasil pemeriksaan menunjukkan area thyroid yang terlalu banyak menyerap yodium. Are aini disebut (hot spot). Temuan ini membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan juga memperlihatkan daerah thyroid yang menyerap sedikiit yodium atau tidak menyerap sana sekali. Area ini disebut (cold spot). Temuan ini membutuhkan scanning ultrasonografi untuk memeriksa apakah terdapat kista. Selain itu, suatu biopsy (pengambilan dan analisa jaringan) dari daerah (cold spot) juga diperlukan untuk pemeriksaan lebih lanjut adanya kanker




Gejala




Diagnosa




Pengobatan




Referensi

Scanning Pada Thyroid Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hari Media Sosial

0 comments:

Post a Comment