Canaliculitis

Canaliculitis


Definisi


Kanalikulitis (Canaliculitis) merupakan peradangan pada kanalikuli. Kanalikuli merupakan saluran pendek di dekat sudut kelopak mata bagian dalam tempat air mata dialirkan ke dalam kantong air mata (lacrimal sac). 

Sumber : http://www.ajmc.com

PENYEBAB

Kanalikulitis (Canaliculitis) biasanya disebabkan oleh infeksi pada kanalikuli. 




Gejala


Kanalikulitis dapat menyebabkan mata berair, merah, agak nyeri, dan terdapat sekret mata. Kemerahan dan rasa nyeri pada mata terutama dirasakan pada sisi kelopak mata yang dekat dengan hidung. Gejala-gejala yang terjadi menyerupai gejala-gejala pada dakriosistitis.



Diagnosa


Diagnosa dapat dibuat berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.



Pengobatan


Penderita perlu menemui dokter spesialis mata untuk penanganannya. Material infeksi biasanya akan dicoba untuk dikeluarkan dari kanalikuli. Kanalikuli kemudian diirigasi dengan larutan antibiotika. Setelah itu dapat diberikan kompres hangat dan juga obat tetes mata antibiotik. Adakalanya dibutuhkan pembedahan untuk mengatasi infeksi yang ada.

Cara memberikan obat tetes atau salep mata

Penderita berbaring atau bersandar dan melihat keatas. Dengan tangan yang bersih, kelopak mata bawah sedikit ditarik ke bawah sehingga membentuk kantung. Obat tetes mata kemudian diteteskan ke dalam kantung tersebut, dan tidak langsung diteteskan pada mata. Jika menggunakan salep, maka salep dioleskan sedikit pada kantung tersebut. Berkedip akan meratakan obat tetes atau salep mata tersebut ke seluruh mata.



Referensi


- G, James. Caliculitis. Merck Manual Home Health Handbook. 2012.

http://www.merckmanuals.com/home/eye_disorders/eyelid_and_tearing_disorders/canaliculitis.html

Canaliculitis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hari Media Sosial

0 comments:

Post a Comment